Tips Merawat Mukena

Tips Merawat Mukena

Mukena merupakan peralatan ibadah umat muslim khusunya bagi wanita. Merawat mukena yang benar, sebagai seorang muslimah dituntut untuk dapat menjaga kesuciannya agar kelihatan bersih dan awet pada saat digunakan. Biasanya kaum muslimin, memilih mukena sesuai dengan tingkat kebutuhan dan kepraktisannya, namun banyak juga yang memilih mukena dengan bahan yang menawan. Di Karita Muslim Square banyak jenis mukena yang dikemas secara praktis hingga dapat mudah dibawa ke mana saja, seperti mukena status, mukena muri (mukena botol), bahkan dengan mukena yang berkualitas tinggi Karita menghadirkan mukena spekta.
Untuk merawat mukena kita perlu juga memperhatikan jenis dan bahannya, misalnya :

Bahan Katun
Biasakan membaca label pencucian yang ada di setiap produk tekstil. Jika ingin mukena lebih awet, maka cucilah dengan hand washing dengan air dingin yang tidak mudah merusak kain. Hindari menggunakan bahan pemutih, karena bisa membuat serat kain rusak dan mudah kusut.

Sutra
Teknik terbaik mencuci mukena sutra adalah dengan hand washing menggunakan detegen lembut. Atau, Anda bisa mengunakan baby shampoo yang tidak merusak serat kain. Jangan mengucek atau memerasnya, cukup gosok ringan untuk membersihkan kotoran pada mukena tersebut.

Parasut
Bahan mukena yang satu ini cukup mudah perawatannya. Parasut cukup kuat untuk dicuci dengan mesin cuci, namun pastikan Anda tidak menggunakan pemutih pakaian. Ini akan merusak serat kain dan membuat warnanya lebih cepat memudar.
 
Selain itu tip dan cara merawat mukena, bisa dengan cara :
1.    Menggantung Mukena
        Gantunglah mukena setelah dipakai, tujuannya supaya mukena terhindar dari jamur setelah terkena air wudhu, selain itu jika langsung dilipat kemungkinan besar akan menjadi bau .
2.     Jangan Cuci Menggunakan Mesin Cuci
        Jangan sekali-kali mencuci mukena dengan menggunakan mesin cuci, cukup rendam saja dengan menggunakan deterjen pada air hangat. Hindari menggunakan pemutih pakaian karena akan         mengakibatkan luntur maupun robek.
3.     Jangan Peras Mukena
        Jangan memeras mukena sehabis direndam karena akan mengakibatkan kain mukena mudah rapuh dan bisa robek, cukup dibilas dan disiram dengan menggunakan air bersih dan suci.
4.     Jauhkan dari Panas Matahari Langsung
        Jangan menjemur mukena langsung di terik matahari karena akan mengakibatkan warna mukena cepat pudar, namun cukup di jemur dengan cara diangin-anginkan saja supaya tetap kering dan         terhindar dari jamur.
5.     Menyetrika Mukena
        Setrikalah mukena saat akan digunakan dan atur temperature panas setrika ke level low atau pada suhu yang rendah, karena terlalu panas mengakibatkan warna mukena yang mengkilat akan         hilang.

See Also

Tips Memilih Warna Hijab Dengan Pakaian  Mengenakan hijab dengan tampilan warna serasi pada pakaian
Tips Memilih Warna Hijab Dengan Pakaian Mengenakan hijab dengan tampilan warna serasi pada pakaian
Tips Memilih Jilbab
Tips Memilih Jilbab
Berhijab di pantai saat liburan
Berhijab di pantai saat liburan
Cara Belanja Online di Karita Muslim Square
Cara Belanja Online di Karita Muslim Square